Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy V Plus

Harga Samsung Galaxy V Plus | Samsung memang terkenal dengan produknya yang berkualitas tinggi dan memiliki harga yang tinggi pula, namun nampaknya Samsung akan kembali menghapus opini dari masyarakat tersebut dengan merilis sebuah produk ponsel yang berharga sangat murah dan ditujukan untuk kalangan menengah kebawah, ponsel tersebut bernama Samsung Galaxy V Plus. Smartphone low-entry level terbaru dari Samsung ini merupakan penerus dari Samsung Galaxy V generasi pertama yang nampaknya masih kurang diperhatikan oleh masyarakat, lalu pada bulan Juli 2015 yang lalu Samsung merilis Samsung Galaxy V Plus ini demi menarik perhatian kalangan menengah kebawah.

Meski harganya yang cukup murah, namun jangan salah bahwa kualitas yang dihadirkan tidak akan mengecewakan anda. Karena Samsung Galaxy V Plus ini didesain sedemikian rupa seperti halnya ponsel cap mahal, dan teknologi yang digunakan pun merupakan teknologi standar bagi ponsel pintar masa kini. Salah satunya ialah penggunaan sistem operasi Android v4.4.2 atau yang merupakan versi terbaru dari Android KitKat, membuat ponsel ini terkesan modern dan terkesan menjadi ponsel mahal, padahal harganya yang sangat murah untuk ponsel sekelas Samsung yang merupakan perusahaan terkemuka di dunia saat ini.

Selain sistem operasi, adanya pembekalan dari Samsung TouchWiz UI yang merupakan user interface buatan Samsung membuat launcher yang ada pada OS Android KitKat yang digunakan oleh ponsel ini menjadi terlihat sangat dinamis, bahkan akan terlihat sangat premium. Tampilan antarmuka Samsung TouchWiz UI ini menghadirkan icon menu, lock screen, dan beberapa fitur lainnya yang pastinya akan membuat nyaman penggunanya dalam mengoperasikan ponsel Samsung Galaxy V Plus ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy V Plus

Berbicara mengenai tampilan grafis, hal ini tidak jauh-jauh dari layar yang digunakan, karena layar memang aspek terpenting di dalam suatu tampilan. Dan Samsung Galaxy V Plus ini nampaknya menggunakan layar dengan jenis TFT Capacitive Touchscreen yang berukuran 4 Inchi. Layar ini mampu menghasilkan tampilan yang beresolusi 480 x 800 pixels dan juga memiliki kerapatan sebesar 233 pixel per inchi. Memang teknologi layar yang digunakan merupakan teknologi lama, dan kualitasnya jauh dibandingkan dengan Super Amoled yang digunakan oleh kebanyakan ponsel saat ini. Tetapi hal ini tidaklah begitu menjadi masalah karena jenis layar tersebut merupakan layar standar ponsel masa kini.

Selanjutnya di bagian dapur pacu nampaknya Samsung Galaxy V Plus ini menggunakan processor Quad Core dengan kecepatan 1.2 GHz. Untuk chipset yang digunakan pun masih belum jelas karena tidak adanya pemberitahuan secara resmi dari Samsung tentang apakah jenis chipset yang digunakan, namun kemungkinan tidak jauh-jauh dari chipset berjenis MediaTek ataupun Exynos, karena chipset itulah yang biasanya dipakai oleh Samsung dalam ponsel low-entry levelnya. Kecepatan processor ini sudah ada peningkatan dibandingkan dalam Samsung Galaxy V generasi pertama yang hanya memakai processor Single Core 1.2 GHz. Tetapi meskipun ponsel ini memiliki processor dengan kecepatan yang cukup rendah, ponsel ini tetap bisa anda gunakan untuk menjalankan aplikasi multimedia, apalagi Samsung Galaxy V Plus ini nampaknya juga dibekali dengan RAM yang berkapasitas 512 MB.

Berbicara mengenai RAM pembahasan kita pasti berlanjut ke dalam memory yang digunakan dalam ponsel ini. Dan sepertinya Samsung Galaxy V Plus ini dibekali dengan memory internal berkapasitas 4 GB, dan juga adanya slot memory eksternal yang dapat menampung memory microSD dengan kapasitas maksimal sebesar 64 GB membuat bagian media penyimpanan pada ponsel ini sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Selanjutnya sepertinya kelemahan ponsel ini terdapat dalam sisi kameranya, bahwa ponsel ini nampaknya tidak dibekali dengan adanya kamera depan, melainkan hanyalah kamera belakang yang kualitasnya pun juga tidak dapat diunggulkan. Hal itu karena kamera belakang yang ada pada ponsel ini hanyalah memiliki resolusi sebesar 3.15 Megapixel dan hanya mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 2048 x 1536 pixels. Fitur yang dihadirkan pun juga masih belum seperti kamera saat ini yang semakin canggih, kamera pada Samsung Galaxy V Plus ini hanyalah dibekali dengan fitur Geo-tagging, dan LED Flash dan itu jelas-jelas sangat kurang untuk menghasilkan gambar yang sempurna. Video yang dihasilkan oleh satu-satunya kamera yang ada di ponsel ini hanyalah beresolusi 480p@30fps dan hal ini jelas ketinggalan jauh dibanding para pesaingnya yang berani menghadirkan kamera yang sangat luar biasa.

Harga Samsung Galaxy V Plus

Selain kelemahan yang berada di sektor kamera, ponsel ini juga memiliki kelemahan di sektor jaringan. Memang ponsel ini sudah mendukung teknologi dual sim, namun ponsel ini nampaknya masih belum mendukung teknologi jaringan 4G LTE yang biasanya ada dalam ponsel masa kini. Ponsel ini hanya dibekali dengan pembacaan dari jaringan 3G dan juga 2G. Tetapi sisi baiknya dalam sektor jaringan ponsel ini adalah jaringan 3G yang dipakai merupakan versi terbaru, artinya sudah mampu membaca jaringan HSDPA atau yang akhir-akhir ini disebut sebagai jaringan 3.5G.

Tetapi anda jika memiliki hotspot berupa jaringan WiFi, anda bisa menggunakan teknologi Wi-Fi 802.11 b/g/n yang bisa anda gunakan untuk berselancar di internet, dan selain itu juga bisa anda gunakan untuk berbagi layanan internet kepada teman anda karena ponsel ini juga dilengkap dengan fitur tethering hotspot. Tetapi diantara itu semua yang paling mencolok ialah penggunaan Bluetooth v4.0 yang bisa dibilang sebagai versi baru dalam teknologi Bluetooth yang bisa anda gunakan untuk berbagi file ke perangkat lain. Selain bisa menggunakan Bluetooth, anda juga bisa menggunakan kabel USB untuk menghubungkan antara ponsel anda dengan perangkat komputer. MicroUSB v2.0 yang digunakan oleh ponsel ini juga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai dengan menggunakan charger yang telah disediakan oleh ponsel ini.

Berbicara mengenai charger, pikiran kita langsung identik dengan baterai yang ada pada ponsel ini. Dan nampaknya ponsel ini menggunakan baterai dengan jenis Li-ion yang berkapasitas 1500 mAH dan mampu bertahan 8 jam dalam sinyal 3G. Setelah berbicara panjang lebar mengenai review Samsung Galaxy V Plus ini, kami juga akan membagikan spesifikasi dan harga Samsung Galaxy V Plus in secara detail yang bisa anda lihat di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy V Plus

Browser HTML
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensor Accelerometer
Kamera Belakang 3.15 MP, 2048 x 1536 pixels, LED flash
Fitur Geo-tagging
Video 480p@30fps
Kamera Depan VGA
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio FM radio
USB microUSB v2.0
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Internal 4 GB, 512 MB RAM
Card slot microSD, up to 64 GB
CPU Dual-core 1.2 GHz
OS Android OS, v4.4.2 (KitKat)
Multitouch Yes
Resolusi 480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density)
Ukuran 4.0 inches (~59.6% screen-to-body ratio)
Tipe TFT capacitive touchscreen, 16M colors
SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Berat 123 g (4.34 oz)
Dimensi 121.4 x 62.9 x 10.7 mm (4.78 x 2.48 x 0.42 in)
EDGE Yes
GPRS Yes
Kecepatan HSPA
3G bands HSDPA 900 / 2100
2G bands GSM 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
Teknologi GSM / HSPA
Baterai Li-Ion 1500 mAh battery
Pengumuman 2015, July
Status Available. Released 2015, July

Lihat Juga: Harga Samsung Galaxy A8

  • Harga Samsung Galaxy V Plus

Samsung Galaxy V Plus ini memang dibanderol dengan harga yang cukup murah karena ditujukan untuk kalangan menengah kebawah. Secara resminya, harga Samsung Galaxy V Plus ini dibanderol dengan harga 82 US Dollar atau sekitar lebih dari 1 jutaan jika dikurskan dengan rupiah saat ini yang mencapai Rp.13.500 per dollarnya. Harga Samsung Galaxy V Plus ini memang lebih mahal dibandingkan Samsung Galaxy V generasi pertama, namun hal ini juga terbayar dengan banyaknya pembenahan dari Samsung Galaxy V Plus ini terutama di sektor processor yang menggunakan Quad Core 1.2 GHz dibandingkan dengan Samsung Galaxy V yang masih menggunaka processor Single Core 1.2 GHz.